18 Produk Kerajinan Indonesia Raih UNESCO Award

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 18 dari 31 produk kerajinan yang dikirim Indonesia berhasil meraih penghargaan  UNESCO Award of Excellence for Handicrafts 2012.

"Kami bangga, 18 dari 31 produk kerajinan yang dikirim Indonesia berhasil meraih  penghargaan  UNESCO Award of Excellence for Handicrafts 2012.  Ini berarti produk kerajinan Indonesia sudah berhasil diakui di tingkat internasional setelah melalui seleksi ketat," ujar Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Manajemen Hesti Indah Kresnarini, Rabu (31/10/2012).

Menurut keterangannya, produk kerajinan Indonesia yang berhasil memperoleh penghargaan  tersebut adalah Songket Shoulder Cloth, Saluak Laka Songket Shoulder Cloth, Hand Drawn Batik Cloth, The
Wave of Nusa Penida, Woven Cloth with Batik, Ulap Doyo Slippers, Ulap Doyo, Tenun Songket Sambas, Red Dinggul, Keban Bronai  - Mendong baskets, Earth dan Layer Vase.

Selain itu ada juga produk Bowl (Tamarind Wood), Cooper Hangin Lamp "Gong Lorigi", Chicken Cage Copper Lamp with Mega Mendung Batik Motifs, The Leaf of Life, Inspiration from Nage Tribe Choker and Earrings, Incung Kincai Filigree Brooch, Silver Jewellery, serta Table Runner from Recycled Cement Sack Papers.

Lanjutnya, produk-produk tersebut telah melalui seleksi ketat dengan kriteria tertinggi produk kriya sehingga dapat dijadikan  benchmark untuk produk kerajinan lainnya.

Adapun kriteria-kriteria tersebut mencakup produk yang excellence (tingkat kualitas yang sempurna); authenticity (nilai seni dan budaya yang otentik);  innovation (kreasi yang inovatif);  marketability
(berorientasi pasar/komersial);  eco-friendly (ramah terhadap lingkungan) dan  fair (tanggung jawab moral dan etika).

Produk yang diseleksi dikelompokkan dalam kelompok keramik, kelompok serat alam, kelompok batu-batuan, kelompok kayu, kelompok tekstil/lembaran kain, kelompok logam dan kelompok material asli alam.

"Produk pemenang penghargaan  UNESCO Award of Excellence for Handicrafts akan dipamerkan dalam pameran kerajinan terbesar se-Asia Pasifik di Kuwait pada kuartal pertama tahun 2013 dan selanjutnya secara permanen akan ditampilkan di SACICT Centre di Bangsai, Ayutthaya, Thailand," ujar Hesti.
sumber: tribunnews.com
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Pengrajin Souvenir