Artwork, Terapi Sederhana Bagi Penderita Parkinson!

Hal-hal sederhana seperti memasukkan kancing pada lubang baju atau sekedar merobek dan menempel adalah hal mudah untuk dilakukan. Tetapi tidak bagi pengidap parkinson.

Parkinson merupakan penyakit saraf yang unik dan masih belum dapat diketahui pasti penyebab dan pengobatannya. Penyakit degenerasi fungsi saraf ini menyebabkan kerusakan motorik, khususnya pada motorik halus.

"Penyakit ini hanya akan tambah berat," ungkap dr Banon Sukoandari, Sp.S(K) selaku ketua Yayasan Peduli Parkinson Indonesia (YPPI).

Hal ini dikatakannya pada diskusi dengan tema Seni Parkinson: Saya dan Keluarga dalam rangka memeringati hari parkinson sedunia tepat hari ini. Seminar ini mengambil tempat di Energy Cafe, Energy Building Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53 Jakarta, seperti ditulis Jumat (12/4/2013).

Oleh sebab itu, dr Banon mengimbau pasien parkinson untuk mendapatkan terapi sederhana berupa artwork. "Dengan melakukan pekerjaan seni, pasien dapat melukis, menggambar, dan membentuk aneka kerajinan tangan untuk memberikan latihan pada motorik halusnya," jelas dr Banon.

Cara ini sudah banyak dilakukan di luar negeri. Hanya saja untuk gambar-gambarnya masih belum mendapatkan izin publikasi.

Di Indonesia ini telah dicoba dr Banon pada penderita parkinson dan sedang dalam penelitian.

"Artwork juga dilakukan untuk mengurangi stres pada level rendah," ujar dr Banon. Hal ini dipercaya dapat megurangi complex planning pada pengidap parkinson.

Oleh sebab itu, YPPI akan mengadakan acara bergerak dalam irama dan melakukan kerajinan tangan sederhana bersama pada tanggal 28 April 2013. Kegiatan ini akan melibatkan para pengidap parkinson yang akan berkreasi di acara itu.

Menggambar dan membuat mozaik adalah hal kecil dan sederhana, namun ini sangat berarti bagi penderita parkinson.


sumber : detik
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Pengrajin Souvenir